Radio SuJu

Standar

Tahun 2008 silam, ada pernyataan mengejutkan dari media entertainment korea tepatnya di akhir bulan Mei 2008. Beritanya sendiri langsung menyebar luas namun akhirnya ditrutup rapat – rapat tanpa seorangpun akhirnya tahu siapakah Mr. X yang dimaksud. Peristiwa apakah yang terjadi 2 tahun lalu hingga menyentak industry hiburan dan para netizen ? Itu termasuk peristiwa naas kalau memang betul – betul terjadi. Salah seorang member idol group terkenal mencoba bunuh diri dengan menelan pil tidur. Ia mengalami overdosis dan pingsan di apartemennya, namun tertolong setelah rekan membernya yang kebetulan berada di apartemen yang sama bergegas membawanya ke rumah sakit. Nyawanya terselamatkan setelah dokter memompa obat tidurnya keluar. Menurut pengakuan orang terdekat, si Mr. x ini mengalami depresi dan sulit tidur. JAdi tidak ketahuan apakah ia memang m,emiliki niatan untuk bunuh diri atau salah mengukur takaran obat hingga overdosis.

Setelahnya, para netizen sibuk mencari tahu siapakah Mr x yang dimaksud. Rumor menambahkan bahwa selain anggota grup terkenal, Mr X ini juga merupakan seorang radio DJ…eng ing eng… dengan embel – embel radio DJ, tinggal di apartemen, grup terkenal ? bisa ditebak nama – nama yang pertama kali akan disebut !!! Semua mengarah pada salah satu personil SJ terutama untuk nama – nama Line DJ mereka yakni Leeteuk dan heechul ! dan saat itu, nama Yesung-sshi juga ikut disebut sebagai salah satu korban ~ kekekekek~

Benarkah kejadian naas itu memang pernah menimpa mereka ? Kita sendiri tahu jelas pekerjaan sebagai DJ itu rata – rata memang berpeluang menderita insomnia. Salah satu artikel berita yang turun mengemukakan slogan DJ’s world. “ Pukul 8 hingga 2 pagi is the world of Super Junior” …dari pukul 8 malam hingga 2 pagi, selama kurun waktu 6 jam itu, berturut – turut 3 stasiun papan atas KBS, SBS dam MBC mengudarakan suara kuartet LT,HC,SD,EH.

Yang paling beruntung tentunya adalah si Kim Heechul yang kebagian slot paling awal pukul 8 malam, setelahnya baru diestafetkan ke KBS Sukira Eun-TEuk yang baru mulai running pukul 10 hingga tengah malam ( ohh pantes semua bintang tamu Sukira rata2 pake baju piyama ~ kekekeek ) dan yang paling diuji ketahanan matanya adalah Shindong dengan Shimshimtapa yang harus stay online mengudara paling akhir disaat orang – orang sudah emnjadi lemper bungkus di atas kasur hingga pukul 2 pagi ! tapi hebatnya Shimshimtapa miliknya-lah yang memiliki pendengar terbanyak dibanding 2 rekannya yang lain.

Baik Heechul, Eun-teuk maupun Shindong, keempatnya dinilai menorehkan prestasi tersendiri di dunia Dj-ing. Leeteuk and Eunhyuk sukses membawa SUKIRA di usianya yang telah menginjak 3 years and 8 months, pencapaian rekor terlama untuk ukuran seorang idol dalam menjadi host acara radio.

Keempatnya dinilai sebagai idola yang gak biasa, di tengah gempuran teknologi yang semakin canggih, mereka masih mau bergelut di dunia radio yang sudah dianggap “kuno” bagi sebagian orang. “going where other groups don’t go” sudah menjadi sebuah filosofi, dimana lewat “media ketinggalan jaman” seperti radio, ada suka, duka dan segudang cerita SJ dibalik layar sejak debut mereka di tahun 2005.

– What do you think is the charm of radio?

▲ Leeteuk: Orang menyebut TV sebagai ”idiot box” karena hanya dengan memandanginya orang bisa tertawa terpingkal – pingkal. Sedangkan untuk radio, baik itu DJ maupun para pendengar saling berbagi pemikiran satu sama lain. Tidak seperti di TV, lewat radio mereka memiliki space berinteraksi yang jauh lebih besar.

▲ Shindong: Di radio, interaksi antara si host dan pendengar jauh lebih kuat disbanding media lain seperti TV, lewat DJ-ing aku belajar begitu banyak hal.

-What do you think the reason is that Super Junior members receive more attention than other idol group members?

▲ Leeteuk: Sebagian besar anggota kami terlibat dalam berbagai hal, jadi kita punya image sebagai pembicara yang baik. Aku merasa kami memiliki anggota yang benar-benar berbakat.

▲ Eunhyuk: Keunggulan radio itu Open source ! Jika kalian memperbesar volume radio, suara bisikan-pun bisa terdengar jelas. Tetapi dibandingkan dengan grup idola yang lain, kami mungkin lebih terkesan “sederhana” dan apa adanya, inilah yang membuat kami terlihat berbeda.

– Biasanya DJ-radio dengan latar belakang idol punya sedikit masalah serius. Mereka dianggap minim pengalaman. Sehingga jarang orang tertarik untuk mendengarkan cerita mereka. Apakah ini pernah kalian alami sebelumnya ?

▲ Leeteuk: Penyanyi dengan latar belakang Idol memang sering mendapat kritik. Oleh karena itu kita berusaha untuk membaca buku, mencari di internet dan berjaga-jaga agar kita bisa memperbaiki keadaan. Yang paling penting adalah berpikir “Ada banyak hal yang saya tidak tahu” dan bahwa aku harus menemukan cara untuk memperbaikinya.

“Super Junior Kiss the Radio” is the longest running radio show run by idols. What’s your secret?

▲ Leeteuk: Mungkin karena kami berdua melakukannya bersama-sama, jadi situasi buruk cepat teratasi. Sebagai contoh jika Eunhyuk sakit, akan bekerja sedikit lebih keras, dan ketika sakit pinggangku kambuh, dan istirahat untuk sementara, Eunhyuk bisa mem-back-up-ku.

– Kalian melaukan siaran 5 kali seminggu. Dari jam 8 sampai tengah malam. Kalian masih muda dan tentunya ingin bersenang-senang. Apakah ada saat dimana kalian benci melkukan pekerjaan ini ?

▲ Shindong: Terus terang sejak aku melakukan radio, aku tumbuh terpisah sedikit dari teman-teman yang lain. Tapi itu bukan masalah besar. Meskipun aku berakhir pada 02:00, tapi teman – temanku masih berpergian juga hingga tengah malam. Kami sering saling menelpon lewat stasiun radio

– There must be times when you want to stop doing radio.

▲ Leeteuk: Beberapa sunbaes, termasuk Danny hyung, telah mengatakan bahwa setelah 2 tahun, DJing selalu ada krisis dan setelah 2 tahun berlalu aku sebenarnya ingin keluar. Kadangt terlalu melelahkan dan harus keluar setiap hari terkadang sungguh sebuah beban. Tapi setelah 3 tahun dilalui, kami menikmatinya stasiun radio tak ubahnya sebagai arena permainan.

▲ Heechul: Jika kalian sendiri,saat paling berat adalah ketika terserang pilek atau flu. Kalau batuk, suara kita bisa menjadi benar-benar tidak enak didengar. 3 detik tidak berbicara saja itu sudah menjadi masalah besar bagi penyiaran radio. Oleh karena itu jika kalu lagi sakit batuk, kita harus mengakalinya dengan tertawa hingga batuknya redam benar – benar sulit. Tetapi kalau kebtulan ceritanya sedang sedih, kita tentunya tidak bisa tertawa saat batuk , itu situasi tersulit yang pernah kualami.

– dalam memndu acara radio, sudah jadi rahasi umur kalo biasanya dipandu oleh 2 orang. Tapi buat Heechul, kamu memandu acara radiomu sendirian, kira – kira ada tidak artis lain yang ingin kau ajak untuk bergabung ?

▲ Heechul: Trax member Jay. Kami dekat, untuk kasusku, aku ini tipe orang yang suka tidak melihat situasi alias sering lepas kendali. Karenanya aku butuh orang yang bisa meredam sifatku yang satu ini, Jay, Jessica dan Donghae ketiga orang ini bisa meredam emosiku untuk saat – saat tertentu,

– Kapan saat saat terberat saat menjadi DJ ?

▲ Shindong: Saat ini saat terberatku adalah ketika Shinyoung noona pergi. Kami sudah sangat cocok, dan kini dengan adanya partner baru, aku harus kembali menyesuaikan diri dari awal. ( Partner barunya Gyuri-KARA)

▲ Eunhyuk: sebagai entertainer, kita butuh waktu untuk meningkatkan kemampuan, tapi dengan setiap harimelakukan siaran radio, kemudian berlatih korea, dll..waktu 24 jam terasa sangat kurang TT_____TT

– Kalian pastinya saling memantau program satu sama lain. Apakah ada komentar tentang radio yang dibawakan member lainnya ?

▲ Leeteuk: gaya penyiaran Heechul sangat terbuka. Pasti sangat nyaman untuk orang-orang muda untuk mendengarkan radionya .
▲ Shindong: kelebihan Heechul karena ia tidak pernah menunjukkan rasa gugup. Meskipun siaran radio, ia bisa membuat kita seolah seperti menonton TV dengan aspek dinamis. Sedangkan untuk Leeteuk hyung dan Eunhyuk, mereka benar-benar jago bicara. Mereka memperlakukan tamu mereka dengan sangat baik. Hal semacam itu benar-benar keren.
▲ Eunhyuk: chemistry Shindong dan Kim Shinyoung’s sangat baik. Broadcasting pada tengah malam berarti kita harus berpikir dalam suasana yang tenang dan santai, jadi ketika aku mendengarkan siaran mereka persaanku berubah menjadi sangat baik.
▲ Heechul: Dalam kasus Sukira’s, Leeteuk dan Eunhyuk memiliki kemampuan yang tidak saya miliki. Mereka mengelola siaran mereka sangat baik. Mereka memimpin sebuah acara dengan suasana yang santai. Sebenarnya aku juga seorang pembicara yang menarik tapi kadang sering a meledak dan terlihat depresi dll, sehingga sering membuat orang cemas. Oleh karena itu saya cenderung berpikir bahwa “aku bisa menjadi tamu yang baik tapi bukan” MC terbaik. Tapi saya berpikir bahwa orang-orang seperti Leeteuk memiliki bekal untuk menjadi best MC.

– MBC setiap tahun selalu melkukan pergantian DJ sehari. Kalau ini terjadi, apa kalian menginginkan saling menjadi bintang tamu di acara2 masing – masing member ?

▲ Heechul: Jika ada perubahan DJ dalam sehari, Super Junior harus jadi bintang tamu di acara satu sama lain sehingga kami bisa berbicara satu sama lain. Misalnya aku menjadi DJ pada pukul 8, dan Leeteuk dan Eunhyuk datang sebagai tamu, dan kemudian pada jam 10, Leeteuk dan Eunhyuk yang menjadi DJ dan aku menjadi tamu di “Sukira”. Dan pada Shindong’s host program, anggota lainnya bisa datang. Tapi waktunya tidak mungkin

-Apakah ada pendengar yang sangat kalian ingat?

▲ Eunhyuk: Dalam kasus Sukira itu, ada beberapa listener yang telah menikah. Pada siaran mereka menceritakan kisah cinta mereka hingga jadi pasangan dan akhirnya memiliki anak

▲ Leeteuk: Tahun lalu pada April Fools Day ada satu cerita yang saya ingat. Pada bulan April Fools Day ketika guru matematika mereka datang ke kelas, semua siswa dalam kelas yang meminta guru tersebut menanggalkan celananya sehingga guru tersebut merasa malu tapi kemudian ia menyadari bahwa ada sepasang celana yang tergantung di papan tulis. Kemudian murid berkata “Guru, keluarkan pepp-mu dari celana ” hingga guru itu menjadi malu lagi, tapi kemudian ia menemukan bahwa ada cabe merah di dalam celana yang tergantung di papan tulis **** . Ia menceritakannya saat siaran langsung sehingga kita benar-benar ketakutan. Kita takut salah memberikan komentar kotor karena tidak ada istilah sensor selama siaran radio ~ keekekekke~

▲ Shindong: Saya ingat pasangan yang hanya akan pergi untuk berbulan madu. Pasangan ini melewati lingkungan Yeoido jadi aku berkata “Silakan datang” dan jadi kami melakukan wawancara mendadak. Ada banyak pasangan yang kemudian menelpon masuk.

– Apakah Anda pernah berpikir untuk mengubah konsep ending Sukira? Ada pendengar yang sedikit bosan dengan KISS-kalian diakhir siaran.

▲ Leeteuk: Kami melakukannya sesuai nada program kami. Ada kalanya kita sendiri malu melakukannya. Tetapi apa boleh buat, banyak pendengar yang mendengarkan hanya untuk mendengar suara yang … K.I.S.S (Tawa)

– Mulai sekarang Apa impian Anda dalam hal menjadi seorang DJ?

▲ Eunhyuk: Karena masih muda aku berharap menjadi tuan rumah program menarik seperti “Cult show”. Tapi, kemudian ketika bertambah tua, aku ingin mengambil sebuah acara musik seperti “Bae Chulsoo’s Musik Camp.”
▲ Leeteuk: Sebelum aku pergi masuk wamil dan bahkan setelah aku kembali nanti , aku ingin melakukan siaran radio. Aku sudah mendengarkan radio sejak masih di tahun kedua sekolah dasar karenanya radio selalu menjadi bagian dari kehidupan saya. Terus terang aku tipe orang melankolis. Oleh karena itu kalau bisa aku ingin memandu acara musik di pagi hari.

▲ Shindong: Bahkan jika saya tidak bisa mendapatkan emas (20 tahun MBC Radio hosting ulang tahun penghargaan), aku pasti ingin menerima medali Perunggu (selama 10 tahun hosting).

▲ Heechul: Aku ingin menjadi seorang DJ yang memiliki filosofi “ hanya Kim Heechul yang bisa seperti ini”

One response »

  1. Ping-balik: SNSD | hanifahsalma

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s